Ungguli dua seri yamaha ,nyaris habisin jatah mesin

Ungguli dua seri yamaha ,nyaris habisin jatah mesin

tigabelas.my.id - Prestasi mengesankan Yamaha pada seri GP Andalusia kemarin, ternyata menyimpan sebuah kekhawatiran yang cukup serius. Berhasil menyapu bersih semua podium, tak serta-merta membuat Yamaha harus senang dengan raihan impresifnya.

Catatan negatifnya, ternyata Yamaha nyaris saja menghabiskan seluruh alokasi mesin mereka di kejuaraan tahun 2020. Seperti diketahui, setiap tim non konsesi mendapatkan 5 jatah mesin dalam satu tahun kejuaraan.


Yamaha sendiri mengakui telah kehilangan 3 mesin dalam dua seri balapan, dan tersisa mesin keempat dan kelima yang akan mereka gunakan di 11 seri tersisa.

Mesin milik Rossi yang sempat bermasalah saat race Jerez dan milik Vinales yang bermasalah saat sesi FP3 GP Jerez, , telah diterbangkan ke Jepang guna diselidiki. Sementara itu, mesin milik Morbidelli yang bermasalah saat GP Andalusia akan segera diterbangkan ke Jepang juga menyusul dua mesin sebelumnya. Ini mengartikan bahwa mesin-mesin tersebut tak dapat digunakan lagi hingga akhir kejuaraan.

Dengan rincian ini, Maverick Vinales tercatat telah menggunakan 5/5 pengalokasian mesin, sementara Valentino Rossi menggunakan 4/5 pengalokasian mesinnya.

Tak hanya itu, tim satelit Yamaha, Franco Morbidelli, dan Fabio Quartararo masing-masing telah menggunakan 4/5 jatah mesin mereka.


Jika pembalap Yamaha menggunakan mesin diluar jatah ketentuan pengalokasian, maka hukuman penalti dengan start dari pit line telah menanti mereka.

"Kami khawatir, karena masalah dengan tiga mesin dalam dua balapan, itu terlalu banyak. Kita harus memahami apa yang terjadi, itu bisa saja terjadi di minggu ini untuk Fabio, Maverick atau Vale. Jadi ya, itu memprihatinkan dan kita harus melihat apa masalahnya," ujar Jarvis dikutip dari Gpone.

#GPRacingIndonesia #GPRI #MotoGP