Waktu tidur yang Normal dan Cara agar Cepat Tidur

Cara agar cepat tidur,Bagaimana cara mengatasi insomnia, cara cepat tidur untuk insomnia ,cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur ,Cara agar bisa tidur sendiri,Cara Mengatasi susah tidur karena banyak pikiran,Cara Mengatasi susah tidur menurut Islam,Cara Mengatasi susah tidur dan gelisah,Tidak bisa tidur karena takut

Waktu tidur yang Normal dan Cara agar Cepat Tidur
Waktu tidur normal dan cara agar cepat tidur

Tigabelasnews ~Penelitian ilmiah menjelaskan bahwa tidur itu penting di segala usia. Tidur memberi kekuatan pada pikiran, memulihkan tubuh, dan memperkuat hampir setiap sistem dalam tubuh. Tetapi berapa banyak waktu tidur yang kita perlukan untuk mendapatkan manfaat ini?

National Sleep Foundation guidelines menyarankan bahwa orang dewasa yang sehat membutuhkan antara 7 dan 9 jam tidur per malam. Bayi, anak kecil, dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur untuk memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan mereka. Orang yang berusia di atas 65 juga harus mendapatkan 7 hingga 8 jam per malam 

Jadi, Berapa Lama Tidur yang Sebenarnya Kita Butuhkan?

Rentang Usia Jam Tidur yang Direkomendasikan

  • Bayi baru lahir berumur 0-3 bulan (4-17 jam)
  • Bayi 4-11 bulan (12-15 jam)
  • Balita 1-2 tahun (11-14 jam)
  • Prasekolah 3-5 tahun (10-13 jam)
  • Usia sekolah 6-13 tahun (9-11 jam)
  • Remaja 14-17 tahun (8-10 jam)
  • Dewasa Muda 18-25 tahun (7-9 jam)
  • Dewasa 26-64 tahun (7-9 jam)
  • Lansia Dewasa 65 tahun atau lebih (7-8 jam)

Mengetahui rekomendasi umum tentang seberapa banyak Anda perlu tidur adalah langkah pertama. Maka penting untuk merefleksikan kebutuhan individu Anda berdasarkan faktor-faktor seperti tingkat aktivitas Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Dan terakhir, tentu saja, tips tidur yang sehat perlu diterapkan agar Anda benar-benar bisa tidur nyenyak seperti yang disarankan

Tidak normal untuk tidur selama 12 jam sehari.

Cara agar mudah tidur Cepat saat malam hari : 

Masa pandemic gini, dimana anak gak sekolah berbulan2 membuat jadwal tidur jd kacau balau, tidur jam 6 atau 7 pagi, bangun pukul 4 sore, dan itu sampai semingguan,  benar2 seperti vampir, malam sampai subuh aktif, pagi sampai sore tidur

Salah satu penyebab sulit tidur adalah karrna otak anda masih aktif dan tidak rileks. Ini biasanya ketika anda memikirkan sesuatu ketika mau tidur sehingga malah kehilangan daya kantuk

Solusinya: rilekskan diri anda.

Tiap orang caranya berbeda-beda. Ada yang biasanya Matikan lampu, dengarkan releksi sound dari google app seperti suara hujan, suara pantai dll

Dalam kasus kebanyakan, hal yang paling membuat susah tidur adalah karena pikiran yang masih jalan terus atau istilah anak muda overthinking seperti malam ketika besok akan liburan, atau mau balik ke tempat kuliah yang buat kepikiran Jadi hal yang kalian lakukan adalah :

  • menjauhkan segala alat elektronik khususnya handphone yang selalu menggoda
  • berusaha rileks aja tanpa memaksa pikiran agar tidur.
  • Yang paling ampuh adalah suatu poin ketika terasa kantuk kalo saya menyebutnya ngantuk moment haha. Bukan seperti kantuk berat yang maksa buat tidur, ada kalanya  merasa seperti ngantuk tapi masih bisa ditahan. Dan kalo ditahan, gak bakalan bisa tidur sampe siang. Jadi ketika  merasa momen pendek tersebut, kalian langsung tidur lanjutkan karna menurut saya itu momen penting dan tidurnya enak

CARA AGAR TIDUR CEPAT DAN NORMAL FOKUS DENGAN NAFAS :

  1. Tarik nafas 
  2. Tahan sekitar 3 - 4 detik
  3. Hembuskan
  4. Lakukan berulang" sampai anda tidur

Biasanya saya melakukan itu sekitar 5 menit dan akan tertidur, apabila tidak bisa tertidur saya akan coba menghitung mundur dari 100. Caranya seperti ini :

  • Mulai dari angka 100, lalu hitung mundur seperti 100, 99, 98, 97 
  • Tempo yang digunakan ada 1 detik = 1 hitungan mundur.
  • Apabila sampai 0 tidak tertidur, Maka hitungan mundurnya dikurangi 2, seperti 100, 98, 96, 94
  • Biasanya saya pada saat perhitungan dikurangi 2 akan tertidur di sekitar angka 60an
  • Dan usahakan jangan minum kopi di jam 4–5 sore, karena itu akan membuat susah tidur. Semoga tips cepat tidur ini bermanfaat untuk anda