Berapa banyak backlink yang cukup untuk peringkat teratas Google?

Tapi, berapa banyak backlink yang cukup untuk menempati peringkat teratas?

Berapa banyak backlink yang cukup untuk peringkat teratas Google?
Gambar seo On page

Tiga belas news  ~ setelah seseorang memutuskan untuk melakukan SEO untuk situs website mereka, pertanyaan pertama yang muncul di benak adalah ? 

Berapa banyak backlink yang saya perlukan untuk mendapatkan peringkat di halaman # 1 hasil pencarian Google?

Karena backlink adalah salah satu sinyal peringkat SEO utama, Anda jelas membutuhkannya untuk menaiki tangga mesin pencari.

Tapi, berapa banyak backlink yang cukup untuk menempati peringkat teratas?

Nah, itu tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk dicapai dan jenis kata kunci apa yang Anda coba targetkan melalui kampanye SEO Anda.

Jika Anda menargetkan kata kunci yang memiliki persaingan rendah, Anda tidak memerlukan banyak backlink untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama.

Faktanya, ada beberapa situs web di luar sana yang tidak memiliki terlalu banyak tautan balik tetapi masih berhasil menempati peringkat teratas hasil penelusuran Google

Bagaimana mungkin? Karena mereka menargetkan kata kunci yang memiliki kesulitan kata kunci yang relatif lebih rendah, yaitu kata kunci yang kurang kompetitif

Berikut contohnya:

Cars on Demand, penyedia layanan persewaan mobil yang berbasis di Inggris Raya, menempati peringkat teratas untuk kata kunci 'persewaan mobil bulanan Inggris'.

Mari kita cek  URL halaman ini ke Penjelajah Situs Ahrefs dan periksa profil tautan back link nya.

Gambar back link

Seperti yang Anda lihat, halaman tersebut hanya memiliki 53 backlink, tetapi masih menempati peringkat # 1 di SERP.

Hal ini dimungkinkan karena kata kunci ‘sewa mobil bulanan UK’ memiliki Kesulitan Kata Kunci yang relatif lebih rendah yaitu 7 (menurut Ahrefs)

Melihat contoh di atas, jelas bahwa Anda dapat dengan mudah memberi peringkat laman web Anda dengan jumlah tautan balik minimum jika kata kunci yang Anda targetkan kurang kompetitif.

Namun, itu tidak berarti bahwa persaingan adalah satu-satunya faktor yang menentukan jumlah backlink yang Anda perlukan untuk mendapatkan peringkat di halaman # 1 Google search

Beberapa faktor tambahan yang menentukan jumlah backlink berkualitas ?

Kualitas Backlink

  • Dalam hal membangun backlink, Anda harus selalu mengikuti pendekatan 'kualitas daripada kuantitas'.
  • Mengapa? Karena Google lebih menyukai backlink yang memiliki kualitas tinggi, yaitu backlink yang dihasilkan dari domain relevan dan otoritas
  • Perlu dicatat bahwa satu backlink berkualitas tinggi akan memiliki nilai yang sama dengan 100 backlink yang tidak relevan.
  • Jadi, situs web dengan 10 back link berkualitas masih akan mengungguli situs web yang memiliki 100+ tautan berkualitas rendah.
  • Itulah mengapa selalu disarankan untuk membangun back link berkualitas dari situs web yang relevan, terutama ketika Anda berencana untuk mengamankan dan mempertahankan posisi # 1 di SERP.
  • Sementara kita membahasnya, mari kita bahas faktor-faktor yang membuat  back link yang berkualitas tinggi.

Cara Menentukan Kualitas backlink 

Berikut adalah faktor yang akan membantu Anda memutuskan kualitas backlink :

Relevansi

Sumber dari mana backlink dibuat harus relevan dengan situs web.

Misalnya, jika 'penyedia layanan pengembangan aplikasi' menautkan ke blog yang membahas tentang 'tren pengembangan aplikasi', itu akan dianggap relevan.

Di sisi lain, jika link ke halaman yang membahas tentang 'tips kecantikan', akan dianggap tidak relevan. Karena tidak ada hubungan antara kedua domain tersebut.

Alasannya, DA tinggi berarti bahwa situs web tersebut termasuk dalam kategori domain otoritas dan dianggap sebagai sumber tepercaya oleh Google.

Artinya, saat merayapi profil tautan backlink web Anda, Google juga akan menganggap situs Anda sebagai otoritas dan meningkatkan posisinya ke peringkat atas

Anchor Text

Teks tautan (bagian tautan yang dapat diklik) juga menentukan kualitas back link.

Ketika teks tautan Anda tepat atau mirip dengan kata kunci target (yang Anda coba bagikan), kualitas back link juga akan meningkat.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda harus selalu menggunakan 'kata kunci yang tepat' sebagai teks tautan saat membuat back link.

Jadi, patokan  utama nya adalah strategi yang baik untuk menggunakan variasi kata kunci.

Misalnya, jika Anda mencoba memberi peringkat untuk 'pengacara kecelakaan mobil', teks tautan harus memiliki campuran frasa seperti 'pengacara kecelakaan', 'pengacara kecelakaan mobil', 'pengacara cedera pribadi', dll.

Ini akan membantu Anda membangun profil backlink yang kuat untuk situs Anda

SEO On-Page

Saya pikir saya sedikit keluar jalur, bukan?

Jadi, mari kembali ke topik utama kita dan diskusikan faktor kedua yang akan menjawab pertanyaan Anda 'berapa banyak backlink yang saya butuhkan?'.

Faktor kedua yang menentukan jumlah backlink adalah.

Jika elemen pada halaman situs Anda memenuhi standar, Anda akan membutuhkan jumlah backlink yang relatif lebih sedikit untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama.

Ini karena fakta bahwa situs web yang dioptimalkan dengan buruk sulit dirayapi oleh Google.

Selain itu, otoritas yang Anda berikan dengan membangun backlink berkualitas juga akan terhambat jika elemen di halaman situs tidak dioptimalkan.

Itulah sebabnya setiap profesional SEO melakukan dan SEO pada halaman secara berdampingan untuk memastikan ada keseimbangan yang tepat antara tautan dan keramahan pengguna situs web.

Tips berikut akan membantu Anda melakukan SEO pada halaman untuk situs web Anda: 

  • Judul halaman dan deskripsi meta untuk setiap halaman web harus dioptimalkan untuk kata kunci target.
  • Kecepatan situs web harus dioptimalkan, yaitu tidak ada halaman web yang memerlukan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat
  • Konten di setiap halaman web harus dioptimalkan dengan memasukkan kata kunci target dan variasi kata kunci, juga dikenal sebagai kata kunci LSI.
  • Tidak ada halaman yang berjarak 5 klik dari beranda. 
  • Pastikan bahawa  situs web Anda menawarkan navigasi yang mudah kepada pengunjung.

Sekian dulu pembahasan cara menjadikan website menjadi posisi rangking teratas Google